Jumat, 25 Mei 2012

RPP ASAM BASA DAN CAMPURAN


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama                                :    Ummi Rofi’atin Ni’mah
Sekolah                             :     SMP NURUL ISLAM
Kelas / Semester              :     VII (tujuh)/Semester 1
Mata Pelajaran                :     IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu                  :     4 X 40’

Standar Kompetensi       :     2.     Memahami klasifikasi zat.

Kompetensi Dasar           :     2.1   Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan basa dan larutan garam melalui alat dan indikator yang tepat

Tujuan Pembelajaran     :    Peserta didik dapat:
                                                1.     Membedakan pengertian asam, basa, dan garam.
                                                2.     Menentukan ciri-ciri zat yang bersifat asam, basa, dan garam.
                                                3.     Mengelompokkan zat-zat yang bersifat asam, basa, dan garam.
                                                4.     Menggunakan alat penentu atau petunjuk asam dan basa.
                                                5.     Menyimpulkan hasil percobaan dan mempresentasikannya.

Materi Pembelajaran      :     Asam, Basa dan Garam

Metode Pembelajaran     :     Model:
                                                -       Direct Instruction (DI)
                                                -       Cooperative Learning
                                                Metode:
                                                -       Diskusi kelompok
                                                -       Eksperimen.
                                                -       Observasi

Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA
a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Mengapa air jeruk rasanya asam?
            -     Mengapa obat maag bersifat basa?
      .     Prasyarat pengetahuan
            -     Apakah ciri-ciri zat yang bersifat asam?
            -     Zat apa sajakah yang termasuk dalam asam, basa, dan garam?
      .     Pra eksperimen
            -     Berhati-hatilah dalam mencampurkan dua larutan yang berbeda.

b.   Kegiatan Inti.      
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membedakan pengertian asam, basa, dan garam.
F Menentukan ciri-ciri zat yang bersifat asam, basa, dan garam .
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil bahan-bahan larutan asam, larutan basa, dan larutan garam.
F Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian asam, basa, dan garam.
F Peserta didik dalam setiap kelompok mengamati dan mengelompokkan bahan-bahan yang telah diambil oleh perwakilan kelompok masing-masing.
F Guru memeriksa kegiatan observasi dan klasifikasi mengenai bahan yang bersifat asam, basa dan garam yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
F Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari hasil percobaan.
F Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
F Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan ciri-ciri bahan yang bersifat asam, basa dan garam.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
F Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
F Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru memberi penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik
F Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
F Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

PERTEMUAN KEDUA
a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Bagaimana sifat zat yang tergolong asam atau basa?
            -     Adakah bahan yang dapat digunakan untuk menentukan asam atau basa?
      .     Prasyarat pengetahuan
            -     Apakah sifat asam, basa dan garam?
            -     Bahan apa sajakah yang dapat digunakan untuk menentukan asam atau basa?
      .     Pra eksperimen
            -     Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium.
b.   Kegiatan Inti.      
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengelompokkan zat-zat yang bersifat asam, basa, dan garam.
F Menggunakan alat penentu atau petunjuk asam dan basa.
F Menyimpulkan hasil percobaan dan mempresentasikannya.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil kertas lakmus, tabung reaksi, pipet tetes dan cairan yang ada di sekitar kita (misalnya: air teh, air jeruk, air sumur dan air cuka).
F Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen menentukan sifat asam dan basa.
F Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
F Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
F Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari hasil percobaan.
F Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
F Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.
c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru memberi penghargaan kelompok dengan kinerja baik.
F Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
F Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

Sumber Belajar

Lutfi. 2006. IPA KIMIA 1 SMP dan MTs Untuk Kelas VII. Jakarta: Esis
Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
§  Mengidentifikasi sifat asam, basa dan garam dengan menggunakan indikator yang sesuai.

§  Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan sekitar berdasarkan konsep asam, basa, dan garam.

§  Menggunakan alat sederhana untuk menentukan skala keasaman dan kebasaan.
Tes tertulis
Tes uraian
§  Tentukan bahan-bahan yang bersifat asam, basa dan garam dari bahan-bahan yang tersedia (larutan cuka, larutan sabun, larutan garam, larutan gula, NaCl, HCl).

§  Berikut adalah sifat-sifat umum asam, kecuali....
a)    memerahkan kertas lakmus biru
b)    mempunyai PH kurang dari 7
c)    rasanya asam
d)   rasanya pahit
                                                                                            
                                                                                                   
Mengetahui,
Kepala SMP NURUL ISLAM



(H. Syaifuddin ElHazmi,S.Pd)
NIP/NIK : 33378910456

Semarang, 2 Juni  2012
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam



(Ummi Rofi’atin Ni’mah, S.Pd)
NIP/NIK : 103611025
                                                                                   

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                             :     SMP NURUL ISLAM
Kelas / Semester              :     VII (tujuh)/Semester 1
Mata Pelajaran                :     IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu                  :     2 X 40’

Standar Kompetensi       :     2.     Memahami klasifikasi zat.

Kompetensi Dasar           :     2.2   Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari.

Tujuan Pembelajaran     :     Peserta didik dapat:
                                                1.     Membedakan larutan asam dan basa.
                                                2.     Membuat indikator alami asam dan basa.
                                                3.     Menggunakan indikator universal untuk menentukan nilai pH suatu zat.

Materi Pembelajaran      :     Sifat Asam dan Basa pada Bahan Makanan

Metode Pembelajaran     :     Model:
                                                -       Direct Instruction (DI)
                                                -       Cooperative Learning
                                                Metode:
                                                -       Diskusi kelompok
                                                -       Eksperimen
                                                -       Observasi

Langkah-langkah Kegiatan

a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Pernahkah kamu meremas-remas bunga kembang sepatu berwarna, kemudian meneteskannya dengan asam cuka? Apa yang terjadi?
            -     Bagaimana cara mengetahui nilai pH suatu zat dengan menggunakan kertas warna standar indikator universal?
      .     Prasyarat pengetahuan
            -     Bahan apa sajakah yang dapat digunakan sebagai indikator asam basa?
            -     Apakah yang dimaksud dengan nilai pH?
      .     Pra eksperimen
            -     Berhati-hatilah dalam menggunakan larutan kimia.

b.   Kegiatan Inti.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membedakan larutan asam dan basa.
F Membuat indikator alami asam dan basa.
F Menggunakan indikator universal untuk menentukan nilai pH suatu zat
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil cawan porselen, penumbuk, kertas saring, gelas beker, corong gelas, tabung reaksi, etanol, larutan asam klorida, larutan natrium hidroksida dan beberapa macam buah serta sayur.
F Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan bahan-bahan yang dapat digunakan seba-gai indikator asam basa.
F Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen membuat indikator alami asam basa.
F Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
F Guru memberi instruksi kepada peserta didik untuk melakukan eksperimen mengenai penen-tuan nilai pH suatu zat dengan menggunakan indikator universal.
F Peserta didik melakukan eksperimen dengan menggunakan tabung reaksi, pipet tetes, kertas warna standar indikator universal, larutan indikator universal, aquades dan macam-macam contoh zat.
F Guru memeriksa kegiatan eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
F Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari hasil percobaan.
F Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
F Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan nilai pH yang menyatakan tingkat keasa-man atau kebasaan suatu senyawa.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
F Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
F Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru memberi penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik
F Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
F Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
Sumber Belajar
Winarsih, Anni,dkk.2006. IPA TERPADU SMP VII. Jakarta. Buku Sekolah Elektronik


Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·     Melakukan percobaan untuk mengetahui sifat asam, basa di laboratorium dan alam misalnya dengan menggunakan kembang sepatu
Tes unjuk kerja



Uji petik kerja prosedur
Lakukan uji asam, basa pada bahan makanan dengan menggunakan bunga kembang sepatu

Aspek :
No
Aspek
Skor
1
Ketepatan menggunakan kertas warna standar indikator universal dengan benar
2
2
Melakukan kegiatan dengan prosedur yang benar
3
3
Memperoleh data dari kegiatan
3
4
Membuat kesimpulan
2
 Jumlah skor
10

Mengetahui,
Kepala SMP NURUL ISLAM



(H. Syaifuddin ElHazmi, S.Pd)
NIP/NIK :33378910456

Semarang , 2 Juni  20 12
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam



(Ummi Rofi’atin Ni’mah, S.Pd)
NIP/NIK : 103611025


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                             :     SMP NURUL ISLAM
Kelas / Semester              :     VII (tujuh)/Semester 1
Mata Pelajaran                :     IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu                  :     3 X 40’

Standar Kompetensi       :     2.     Memahami klasifikasi zat.

Kompetensi Dasar           :     2.3   Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana.

Tujuan Pembelajaran     :     Peserta didik dapat:
                                                1.     Menjelaskan pengertian unsur.
                                                2.     Mengenal nama dan lambang unsur.
                                                3.     Menerapkan aturan tata nama unsur.
                                                4.     Menjelaskan maksud pengelompokan unsur ke dalam tabel periodik.
                                                5.     Menjelaskan sifat dan kegunaan unsur.
                                                6.     Menjelaskan pengertian senyawa.
                                                7.     Menuliskan unsur-unsur penyusun senyawa.
                                                8.     Menjelaskan jenis-jenis pembentukan senyawa.
                                                9.     Menuliskan rumus kimia dan penamaan senyawa.
Materi Pembelajaran      :     Unsur Kimia

Metode Pembelajaran     :     Model:
                                           -    Direct Instruction (DI)
                                           -    Cooperative Learning
                                           Metode:
                                           -    Diskusi kelompok
                                           -    Ceramah
Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA
a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Empat unsur utama apa sajakah yang menyusun tubuh manusia?
            -     Mengapa logam natrium mudah bereaksi dengan air di udara?
      .     Prasyarat pengetahuan
            -     Apakah yang dimaksud dengan unsur?
            -     Bagaimana sifat dan kegunaan setiap unsur?
b.   Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
             Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan pengertian unsur.
F Mengenal nama dan lambang unsur.
F Menerapkan aturan tata nama unsur.
F Menjelaskan maksud pengelompokan unsur ke dalam tabel periodik.
§ Elaborasi
              Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian unsur.
F Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan beberapa unsur yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
F Peserta didik dalam setiap kelompok memperhatikan penjelasan dari guru mengenai aturan tata nama unsur dan maksud pengelompokan unsur ke dalam tabel periodik.
F Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengelompokan unsur dalam tabel periodik berdasarkan kemiripan sifat dari setiap unsur (titik lebur, titik didih, wujud; logam, semi logam, non logam, daya hantar listrik dan daya hantar panas)
F Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai sifat dan kegunaan dari beberapa unsur.
F Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
F Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

§ Konfirmasi
                 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
F Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
F Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru memberi penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik
F Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
F Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

PERTEMUAN KEDUA
a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Tersusun dari unsur apa sajakah garam dapur?
            -     Senyawa apakah yang terbentuk, jika unsur natrium bercampur secara kimia dengan air?
      .     Prasyarat pengetahuan
            -     Apakah yang dimaksud dengan senyawa?
            -     Bagaimana senyawa dapat terbentuk?
b.   Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan sifat dan kegunaan unsur.
F Menjelaskan pengertian senyawa.
F Menuliskan unsur-unsur penyusun senyawa.
F Menjelaskan jenis-jenis pembentukan senyawa.
F Menuliskan rumus kimia dan penamaan senyawa.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian senyawa.
F Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan beberapa senyawa yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
F Peserta didik (dibimbing oleh guru) menuliskan unsur-unsur penyusun senyawa yang telah disebutkan oleh perwakilan dari tiap kelompok.
F Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan jenis-jenis pembentukan senyawa (pembakaran, peruraian dan pencampuran zat secara kimia).
F Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk menyimpulkan hasil diskusi.
F Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
F Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F Peserta didik dalam setiap kelompok memperhatikan penjelasan dari guru mengenai penulisan rumus kimia dan penamaan senyawa.
F Guru memberikan contoh beberapa penulisan reaksi kimia dan penamaan senyawa.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru memberi penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik
F Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
F Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
Sumber Belajar
Winarsih, Anni,dkk.2006. IPA TERPADU SMP VII. Jakarta. Buku Sekolah Elektronik


Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·     Menjelaskan aturan penulisan lambang unsur
·     Menuliskan nama dan lambang unsur
·     Menuliskan nama dan rumus kimia sederhana
·     Menentukan nama senyawa dan rumus kimia sederhana
Tes tulis

Tes tulis


Tes tulis


Tes tulis
PG

Tes isian


Tes uraian


PG
·     Lambang K merupakan nama unsur ....
a. Kalium    c. Karbon
b. Kalor       d. Kalsium
·     Tuliskan satu nama dan lambang sebuah unsur
·     Tuliskan satu nama dan rumus kimianya
·     Rumus kimia asam sulfat adalah ....
a. H2SO4    c. H4SO2
b. HS2O4    d. H4S2O


                                                                                                       
Mengetahui,
Kepala SMP NURUL ISLAM



(H.Syaifuddin ElHazmi, S.Pd)
NIP/NIK :33378910456

Semarang, 2 juni  2012
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam



(Ummi Rofi’atin Ni’mah, S.Pd)
NIP/NIK : 103611025

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                             :     SMP NURUL ISLAM
Kelas / Semester              :     VII (tujuh)/Semester 1
Mata Pelajaran                :     IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu                  :     3 X 40’

Standar Kompetensi       :     2.     Memahami klasifikasi zat.

Kompetensi Dasar           :     2.4.  Membandingkan sifat unsur, senyawa, dan campuran.

Tujuan Pembelajaran     :     Peserta didik dapat:
                                                1.     Menjelaskan pengertian campuran.
                                                2.     Mengidentifikasi sifat unsur, senyawa, dan campuran
                                                3.     Membedakan antara unsur, senyawa, dan campuran.
                                                4.     Menjelaskan pengertian campuran homogen dan campuran heterogen.
                                                5.     Mengidentifikasi campuran homogen dan campuran heterogen.
                                                6.     Membedakan campuran homogen dan campuran heterogen.
                                                7.     Menuliskan contoh campuran homogen dan campuran heterogen yang ada di sekitarnya.
                                                8.     Membedakan antara koloid dan suspensi.

Materi Pembelajaran      :    Unsur, Senyawa dan Campuran

Metode Pembelajaran     :     Model:
                                                -       Direct Instruction (DI)
                                                -       Cooperative Learning
                                                Metode:
                                                -       Diskusi kelompok
                                                -       Ceramah

Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA
a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Apakah awan tergolong campuran?
            -     Apakah sifat campuran sama dengan zat penyusunnya?
      .     Prasyarat pengetahuan
            -     Apakah yang dimaksud dengan campuran?
            -     Apakah ciri-ciri campuran?

b.   Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan pengertian campuran.
F Mengidentifikasi sifat unsur, senyawa, dan campuran
F Membedakan antara unsur, senyawa, dan campuran.
F Menjelaskan pengertian campuran homogen dan campuran hetero-gen.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian campuran.
F Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan beberapa campuran yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
F Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan sifat dari unsur, senyawa dan campuran.
F Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai perbedaan antara senyawa dan campuran dengan mengisi tabel sebagai berikut.

No
Dasar perbedaan
Senyawa
Campuran
1
Proses pembentukan


2
Proses pemisahan


3
Sifat dengan zat penyusun


4
Perbandingan zat penyusun


F Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
F Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

§ Konfirmasi
             Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru memberi penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik
F Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
F Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

PERTEMUAN KEDUA
a.   Kegiatan Pendahuluan
      .     Motivasi dan apersepsi
            -     Tergolong campuran apakah larutan gula?                       
            -     Apakah susu tergolong suspensi atau koloid?
      .     Prasyarat pengetahuan
            -     Apakah yang dimaksud dengan campuran homogen dan campuran heterogen?
            -     Apakah yang dimaksud dengan suspensi dan koloid?

b.   Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengidentifikasi campuran homogen dan campuran heterogen.
F Membedakan campuran homogen dan campuran heterogen.
F Menuliskan contoh campuran homogen dan campuran heterogen yang ada di sekitarnya.
F Membedakan antara koloid dan suspensi.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
F Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian campuran homogen dan campuran heterogen.
F Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan beberapa campuran homogen dan campuran heterogen yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
F Peserta didik (dibimbing oleh guru) menuliskan penyusun campuran homogen dan campuran heterogen yang telah disebutkan oleh perwakilan dari tiap kelompok.
F Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan jenis-jenis campuran heterogen (suspensi dan koloid) berikut contohnya.
F Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari hasil diskusi.
F Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
F Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Memberikan  hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
F Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
F Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Guru memberi penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
F Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
F Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
Sumber Belajar
Winarsih, Anni,dkk.2006. IPA TERPADU SMP VII. Jakarta. Buku Sekolah Elektronik

Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·     Membandingkan sifat unsur, senyawa dan campuran berdasarkan pengamatan
·     Membuat bagan klasifikasi materi secara sederhana
·     Mengelompokkan zat-zat   kedalam campuran homogen dan heterogen dalam kehidupan sehari-hari
Tes unjuk kerja

Tes tulis


Tes unjuk kerja
Tes identifikasi

Tes uraian


 Tes identifikasi
·     Tentukan zat yang bersifat unsur , senyawa, dan campuran dari bahan yang disediakan
·      Buatlah  bagan materi secara sederhan
·     Disediakan macam-macam zat, kelompokkan zat-zat tersebut ke dalam campuran homogen dan campuran heterogen
                                                                                                       
                                                                                         
Mengetahui,
Kepala SMP NURUL ISLAM



(H. Syaifuddin ElHazmi, S.Pd)
NIP/NIK : 33378910456

Semarang , 2  Juni2012
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam



(Ummi Rofi’atin Ni’mah, S.Pd)
NIP/NIK :103611025
                                                                                     


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar