Jumat, 25 Mei 2012

SILABUS


SILABUS
Nama                          : Ummi Rofi’atin Ni’mah
Sekolah                       : SMP NURUL ISLAM
Kelas                           : VII(tujuh)
Mata Pelajaran          : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Semester                     : I (satu)
Standar Kompetensi : Memahami klasifikasi zat

Komp. Dasar
Materi Pokok
Keg. Pemb.
Indikator

Penilaian
Alokasi Waktu
Sumb. Belajar
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
2.1Mengelompokkan sifat larutan asam,  larutan basa, dan larutan garam melalui alat dan indikator yang tepat

Sifat Asam, Basa, dan Garam
·   Guru menjelaskan kepada siswa mengenai sifat asam, basa dan garam
·   Siswa mendiskusikan tentang identifikasi asam, basa, dan garam
·   Siswa mendiskusikan penentuan skala keasaman dan kebasaan
·   Siswa mampu mengidentifikasi sifat asam, basa, dan garam dengan menggunakan indikator yang sesuai
·   Siswa mampu mengelompokkan bahan – bahan dilingkungan sekitar berdasarkan konsep asam, basa, dan garam serta mempresentasikannya.
·   Siswa mampu menentukan derajat keasaman dan kebasaan suatu larutan dengan menggunakan alat sederhana

Tes tertulis, portofolio
Tes essai
1.     Senyawa asam bersifat...

2 JP
Buku paket
2.2 Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari

Percobaan pada bahan yang bersifat asam dan bersifat basa
·   Siswa mengamati bahan yang bersifat asam
·   Siswa mengamati bahan yang bersifat basa
· Siswa mampu mengetahui dan memahami ciri-ciri  bahan yang bersifat asam dan basa
· Siswa dapat mengelompokkan zat yang bersifat asam, basa, atau netral berdasarkan perubahan warna pada kertas lakmus
Observasi
Lembar observasi
Setelah kami amati asam sitrat ternyata terdapat dalam buah jeruk.
2JP
Lingkungan sekitar
2.3 Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana

Unsur, Senyawa dan Campuran
·   Siswa mendiskusikan bersama materi unsur
·   Siswa mendiskusikan bersama materi Senyawa
·   Siswa mendiskusikan bersama materi campuran
· Siswa mampu menjelaskan aturan penulisan lambang unsur
· Siswa mampu menentukan nama senyawa dan rumus kimia sederhana
· Siswa  mampu membandingkan sifat unsur, senyawa, dan campuran berdasarkan pengamatan
· Siswa mampu menggolongkan beberapa campuaran dalamkehidupan sehari - hari
Tes tertulis
Tes essay
Unsur adalah........
2 JP
Buku paket
2.4 Membandingkan sifat unsur, senyawa, dan campuran

sifat Unsur, Senyawa dan Campuran
·   Siswa mendiskusikan mengenai sifat Unsur
·   Siswa mendiskusikan sifat senyawa
·   Siswa mendiskusikan bersama sifat campuran
· Siswa mampu membandingkan sifat unsur dengan Senyawa
· Siswa mampu membandingkan sifat senyawa dengan campuran
· Siswa mampu membandingkan antara sifat unsur, senyawa, dan campuran
 Tes lisan
 Daftar pertanyaan
1.   Apa saja perbedaan antara sifat unsur dengan senyawa?

2 JP
Buku panduan



Referensi:

Winarsih,Anni,dkk. 2006. IPA Terpadu SMP Kelas VII Buku Sekolah Elektronik. Jakarta: Erlangga

 Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Nurul Islam                                           Guru Mata Pelajaran IPA

H. Syaifuddin ElHazmi, M.Pd                                                                  Ummi Rofi'atin Ni'mah, S.Pd
NIP. 33378910456                                                                                NIP. 103611025

Tidak ada komentar:

Posting Komentar