Nama
: Ummi Rofi’atin
Ni’mah
Sekolah : SMP NURUL ISLAM
Kelas : VII(tujuh)
Mata Pelajaran :
IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Semester : I (satu)
Standar
Kompetensi : Memahami klasifikasi zat
Komp. Dasar
|
Materi Pokok
|
Keg. Pemb.
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumb. Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
2.1Mengelompokkan
sifat larutan asam, larutan basa, dan larutan
garam melalui alat dan indikator yang tepat
|
Sifat Asam, Basa, dan Garam
|
·
Guru menjelaskan kepada siswa mengenai sifat asam,
basa dan garam
·
Siswa
mendiskusikan tentang identifikasi asam, basa, dan garam
·
Siswa
mendiskusikan penentuan skala keasaman dan kebasaan
|
·
Siswa
mampu mengidentifikasi sifat asam, basa, dan garam dengan menggunakan
indikator yang sesuai
·
Siswa
mampu mengelompokkan bahan – bahan dilingkungan sekitar berdasarkan konsep
asam, basa, dan garam serta mempresentasikannya.
·
Siswa
mampu menentukan derajat keasaman dan kebasaan suatu larutan dengan
menggunakan alat sederhana
|
Tes tertulis, portofolio
|
Tes essai
|
1.
Senyawa
asam bersifat...
|
2 JP
|
Buku paket
|
2.2 Melakukan percobaan
sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari
|
Percobaan pada bahan yang
bersifat asam dan bersifat basa
|
· Siswa mengamati bahan yang bersifat asam
· Siswa mengamati bahan yang bersifat basa
|
· Siswa mampu mengetahui dan memahami ciri-ciri bahan yang bersifat asam dan basa
· Siswa dapat mengelompokkan zat yang bersifat asam,
basa, atau netral berdasarkan perubahan warna pada kertas lakmus
|
Observasi
|
Lembar observasi
|
Setelah kami amati asam sitrat
ternyata terdapat dalam buah jeruk.
|
2JP
|
Lingkungan sekitar
|
2.3 Menjelaskan nama
unsur dan rumus kimia sederhana
|
Unsur, Senyawa dan Campuran
|
·
Siswa
mendiskusikan bersama materi unsur
·
Siswa
mendiskusikan bersama materi Senyawa
·
Siswa
mendiskusikan bersama materi campuran
|
· Siswa mampu menjelaskan
aturan penulisan lambang unsur
· Siswa mampu menentukan
nama senyawa dan rumus kimia sederhana
· Siswa mampu membandingkan sifat unsur, senyawa,
dan campuran berdasarkan pengamatan
· Siswa mampu menggolongkan
beberapa campuaran dalamkehidupan sehari - hari
|
Tes
tertulis
|
Tes essay
|
Unsur adalah........
|
2 JP
|
Buku paket
|
2.4 Membandingkan sifat unsur,
senyawa, dan campuran
|
sifat Unsur, Senyawa dan
Campuran
|
· Siswa mendiskusikan mengenai sifat Unsur
· Siswa mendiskusikan sifat senyawa
· Siswa mendiskusikan bersama sifat campuran
|
· Siswa mampu membandingkan sifat unsur dengan
Senyawa
· Siswa mampu membandingkan sifat senyawa dengan
campuran
· Siswa mampu membandingkan antara sifat unsur,
senyawa, dan campuran
|
Tes lisan
|
Daftar pertanyaan
|
1.
Apa
saja perbedaan antara sifat unsur dengan senyawa?
|
2 JP
|
Buku panduan
|
Referensi:
Winarsih,Anni,dkk. 2006. IPA Terpadu SMP Kelas VII Buku Sekolah Elektronik. Jakarta: Erlangga
Mengetahui,
Kepala Sekolah SMP Nurul Islam Guru Mata Pelajaran IPA
H. Syaifuddin ElHazmi, M.Pd Ummi Rofi'atin Ni'mah, S.Pd
NIP. 33378910456 NIP. 103611025
Tidak ada komentar:
Posting Komentar